Senin, 14 Mei 2012

Foto makam Ratu Lehung merupakan Pemimpin Bugis Yang datang pada abad ke-16 di Tiyuh Kota Negara Marga Sungkai Bunga Mayang



 Foto makam Ratu Lehung merupakan Pemimpin Bugis Yang datang pada abad ke-16 di Tiyuh Kota Negara Marga Sungkai Bunga Mayang sehingga keturunannya menjadi Paksi No. 3 dan 4 Tiyuh Kota Negara Liba ( Kota Negara Tuha ).
Letak Makam berada di pinggir Way Sungkai diseberang Way Tulung Buluh sekarang terletak di desa Kota Negara Ilir.


Foto batu nisan Kepala makam Ratu Lehung


Foto batu nisan Bagian Kaki makam Ratu Lehung



3 komentar:

  1. salam
    saya tertarik dengan informasi diatas..kalau bisa dipertajam. sebab kami belum paham lokasi yang disebut diatas...terimakasih

    BalasHapus
  2. salam kami dari sulawesi selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal "Diskusi Lepas" . saya juga orang sungkai kotanegara. mungkin saat ini saudara rovel sudah kurang aktif lagi di blog ini. pengetahuan saya tentang ada nya keturunan di kotanegara sungkai memang kurang detil, tetapi memang ada disana berdasarkan keterangan dari beberapa tokoh masyarakat disana. saya sebenarnya ingin sekali mengumpulkan data yang lebih detil tentang hal itu, karena ayah saya juga berasal dari kotanegara sengkai. namun, karena banyak hal yang membuat saya tidak mengumpulkan informasi, fakta dan data mengenai hal itu. kembali keinginan saya terpacu, saat ada acara adat yang diadakan salah satu keturunan keratuan TAMBO PAKSI BUWAY PERNONG, saat itu keluarga Raja Gowa hadir di Lampung. Saya dihubungi oleh Permaisuri Raja Gowa dalam hal kerajinan Lampung, saya pengrajin ethnique Lampung, untuk selanjutnya saya bertemu dengan keluarga beliau yang tinggal di teluk betung lampung, ibu Hj. Marwa, saay saya menuturkan kalau saya orang lampung sungkai beliau mengatakan, kalau kita satu rumpun. Nah saya langsung teringan cerita yang pernah saya dengar tentang keturunan dari sulawesi yang ada di sungkai. saya akan berupaya mengumpulkan data sedetil mungkin tentang hal tersebut. karena saya ingin tahu silsilah keturunan saya. saya akan hubungi anda apabila saya sudah mendapatkan informasi tersebut, inshaalloh....

      untuk rovel : kapan kham sehalua vel. nyak anak ibrahim suntan turunan kotanegara sai nua ni di samping kantor disbun timbai depan sma1 negararatu. kham ji sekelik benor kimak mak sepandaian...

      Hapus