Minggu, 13 Mei 2012

SEJARAH ASAL MULA NAMA TIYUH KOTA NEGARA BUAY SEMENGUK MARGA SUNGKAI BUNGA MAYANG BERDIRI PADA ABAB KE-13

SEJARAH ASAL MULA NAMA TIYUH KOTA NEGARA BUAY SEMENGUK 
MARGA SUNGKAI BUNGA MAYANG
BERDIRI PADA ABAB KE-13
By : ROVEL RINALDI,SHI

Berdasarkan hasil wawancara dengan tokoh tua tiyuh Kota Negara di bulan April 2012 yakni ST.RATU SEMENGUK bahwa Tiyuh Kota Negara Berasal dari kata KERTANEGARA.

Ada beberapa analisa mengenai nama Kertanegara, paling tidak terdapat dua pendapat mengenai hal ini yaitu :
  1. Pendapat pertama, mengatakan nama Kertanegara berasal dari bahasa Sanskerta yaitu dari kata KARTA dan NAGARA. KARTA bermakna sejahtera, selamat, aman, makmur dan NAGARA bermakna tanah, tempat, kawasan, atau pemerintahan. Dari dua kata tersebut KERTANEGARA berarti daerah, tanah, kawasan, pemerintahan yang aman, makmur, subur, rakyatnya sejahtera. Hal ini dibuktikan dengan letak geografis Desa Kertanegara yang berada dilembah Sungai Tambra yang subur, tidak kekurangan air.
  2. Pendapat kedua, mengatakan bahwa nama KERTANEGARA di ambilkan dari nama pemimpin pada saat itu yang oleh masyarakat sangat dikagumi karena kewibawaannya, jasa dan kebijaksanaannya, sehingga untuk mengabadikan nama pemimpin tersebut dijadikan sebagai nama desa. Pemimpin tersebut adalah Raja Singosari terakhir yaitu Prabu Kertanegara. Pada saat Prabu Kertanegara memerintah di Kerajaan Singosari (Abad 13), Kerajaan Singosari diserang oleh Raja Kediri yaitu Raja Jayakatwang, tentara Kerajaan Singosari terdesak mundur kekuatan bala tentara Raja Jayakatwang, maka Putra menantu Prabu Kertanegara yakni Raden Wijaya selaku panglima tentara Kerajaan Singosari terpaksa harus mundur bersama pengikutnya, sebagian lari ke arah barat hingga sampai ke daerah sekitar Gunung Slamet (daerah Banyumas dan Purbalingga), dari sebagian tentara tersebut itulah ada yang sampai di daerah lembah Sungai Tambra yaitu daerah yang dianggap aman, dan subur. Di daerah inilah kemudian mereka membuat dan membangun perkampungan yang diberi nama Kertanegara. 
          Tapi dugaan yang kuat Nama Tiyuh Kota Negara mengambil nama Raja Singosari terakhir yaitu Prabu Kertanegara. Sebagaimana tradisi orang Lampung sering SIBA ( meminta pengakuan ) kepada kerajaan kuat/penguasa dan juga kita ketahui bahwa Lampung merupakan bagian dari wilayah kerajaan Singosari ( Abad ke-13 )  

Allahhualam......


1 komentar:

  1. Bre wirabumi itu pangeran Blambangan

    Singosari majapahit itu ga ada ??

    BalasHapus